Poltekkes-Padang
Pimpinan Poltekkes
Agenda
21 July 2019
M
S
S
R
K
J
S
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Jajak Pendapat
Menurut Saudara Apa Penyebab Utama Dari Demam Berdarah?
Pola Hidup Tidak Sehat
Lingkungan Kumuh
  Lihat
Statistik

Total Hits : 160529
Pengunjung : 45281
Hari ini : 32
Hits hari ini : 58

FROFIL SARJANA TERAPAN PROMOSI KESEHATAN

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES PADANG

 Sarjana Terapan Promosi Kesehatan

Pendidikan Program Diploma IV Promkes merupakan pendidikan sarjana terapan Promkes yang menghasilkan lulusan promosi kesehatan yang memiliki peran sebagai implementator Promosi Kesehatan, Pemberdayaan Masyarakat, pengembang media promosi kesehatan, fasilitator tim promosi kesehatan, advocator promosi kesehatan, asisten peneliti promosi kesehatan.

 Visi dan Misi

Visi :  Menghasilkan Sarjana Terapan Promosi Kesehatan Yang Profesional Unggul di Bidang  Promotif dan Preventif dengan Pendekatan Budaya Lokal dan Nilai-Nilai Relegius Tahun 2024.

 Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan promosi kesehatan dengan kurikulum berbasis kompetensi
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Promosi Kesehatan dan mengaplikasikannya di semua tatanan dalam upaya memampukan sasaran untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal
  3. Menyelengarakan pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan budaya lokal
  4. Mengembangkan media promosi kesehatan yang dapat menyampaikan informasi sesuai dengan tingkat penerimaan sasaran, sehingga menumbuhkan kesadaran berperilaku hidup sehat
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat
  6. Meningkat mutu pendidikan civitas akademik dan mengembangkan sarana prasarana akademik dalam mewujudkan tenaga promosi kesehatan yang professional.

 Profil Lulusan :
1.      Implementator Promosi Kesehatan

Pelaksana program perubahan perilaku kesehatan kepada individu / kelompok / masyarakat yang mengalami masalah kesehatan dengan menggunakan strategi promkes kepada individu, kelompok dan masyarakat sesuai dengan social budaya masyarakat untuk mewujudkan perilaku hidup sehat. 
2.      Pemberdaya Masyarakat

Pelaksana untuk mengorganisasikan dan mendayagunakan sumber daya masyarakat agar mau dan mampu menolong dirinya sendiri dengan mengembangkan metode persuasi dan edukasi sesuai dengan sosial budaya setempat dan didukung oleh kebijakan publik yang berwawasan kesehatan.
3.    Pengembang Media Promosi Kesehatan

Pengembang media promosi kesehatan yang dapat menyampaikan informasi sesuai dengan tingkat penerimaan sasaran, sehingga menumbuhkan kesadaran berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
4.    Fasilitator Tim Promosi Kesehatan (Team Builder)

Inisiator dan fasilitator terjadinya kerja sama secara sinergis antara dua pihak atau lebih mitra pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan tertentu.
5.    Advokator Promosi Kesehatan

Seseorang yang melakukan upaya pendekatan (approaches) yang strategis dan terencana kepada pemerintah daerah, pimpinan institusi dan pengambil kebijakan lain yang mempunyai pengaruh terhadap keberhasilan suatu program kesehatan di area kepemimpinanya/wilayah kerjanya untuk mendapatkan komitmen dan dukungan terhadap program promosi kesehatan

6.    Asisten peneliti Promosi Kesehatan

Peneliti bidang promosi kesehatan yang mengaplikasikan cara atau metode promosi kesehatan dari penelitian untuk menyelesaikan dan menemukan cara penyelesaian masalah kesehatan

 Tata Nilai

 SEHAT dengan makna sebagai berikut: S: Senyum (pribadi sehat); E: Edukasi (komunikatif, informatif, kreatif); H: berperilaku Hidup bersih;  A:  BerAkhlak mulia; T:  berTaqwa  

Masa Studi

Masa studi Prodi D-IV Promosi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Padang 8 semester dengan beban studi kurang lebih 145 SKS (40% teori dan 60% Praktek)